Agar Kamu jadi Seorang Blogger Profesional Sukses

Agar Kamu jadi Seorang Blogger Profesional Sukses

Blogger Bodoh – Memilih berprofesi sebagai seorang blogger fulltime perlu pertimbangan yang matang. Kamu harus tau dari mana kamu memulai menjadi seorang blogger. Saya akan berbagi pengalaman secara langsung bagaimana saya menjadi seorang blogger.

Dalam dunia blogging, ada banyak sekali pengaruh yang akan kamu dapatkan yang akan merusak konsentrasi kamu dalam menjalankan sebuah blog.

Maksudnya begini, ketika kamu membuat sebuah blog, awalnya semangat, lalu mulailah membuat sebuah blog, setelah cukup lama, blog tidak dapat pengunjung, mulailah kamu mencari artikel tentang cara mencari pengunjung.

Dari artikel itu kamu mulai mendapat berbagai masukan tentang blog apa yang harus kamu buat, hingga akhirnya kamu memutuskan membuat blog baru, namun kamu menyayangkan blog pertama kamu hingga kamu mengelola 2 blog.

Dalam waktu berjalan, ternyata blog juga tidak kunjung ramai pengunjung dan mulailah lagi kamu mencari artikel tentang SEO, kemudian kamu pun memutuskan untuk membuat blog baru lagi. Namun kembali, kamu tidak mau menyia-nyiakan blog kamu yang 2 sebelumnya, hingga kamu mengelola blog 3.

Demikian seterusnya akan terjadi hingga pada akhirnya kamu akan punya banyak blog dengan berbagai niche dan model yang akhirnya membuat kamu kewalahan sendiri dalam mengelola blog.

Saya tegaskan, bahwa cara tersebut adalah SALAH Besar. Karena itu yang saya lakukan selama 7 tahun lebih.

Sebagai seorang blogger, kamu harus memiliki prinsip. Jangan memulai ngeblog kalau tidak punya perencanaan yang matang. Jangan memulai blog kalau tidak punya tujuan.

Saya coba jelaskan, Menjadi seorang blogger itu biasanya karena 2 hal.

Yang pertama, awalnya hanya bikin blog sekedar iseng karena hobi menulis dan bercerita hingga pada akhirnya blog jadi ramai dan terkenal.

Yang kedua, memang punya keinginan menjadi seorang blogger, karena memiliki cita-cita besar akan sukses dari dunia blogging.

Apa yang akan saya tuliskan dalam artikel ini tidak akan menyentuh yang pertama, karena poin pertama adalah memang begitu seharusnya blogger.

Namun tips kali ini adalah bagi kamu yang ingin jadi blogger karena punya cita-cita besar ingin sukses dalam dunia blogging.

Banyak blogger yang telah gagal dalam dunia blogging, alasannya sangat klasik yaitu GAGAL FOKUS.

Karena terlalu bernafsu untuk sukses dalam membangun sebuah blog, maka berbagai cara di tempuh termasuk spam, bikin blog dan meniru blog orang lain yang pada akhirnya kamu tidak mampu mengelola semuanya.

Jadi yang terpenting adalah FOKUSLAH Pada satu Blog

Berikutnya, awali membuat blog dengan mengandalkan Passion atau Skill yang kamu miliki.

Baca Artikel : Cara Tepat Memulai Bisnis Internet

Inti dari artikel tersebut adalah tentang Passion. Mengapa saya menulisnya sebagai Bisnis Internet, karena untuk sukses di dunia blogging maka mau tidak mau kamu harus menjalankan bisnis internet.

Bagaimana cara mencari dan menemukan passion ?

Cara cukup mudah, dengan sebuah pertanyaan. Apa yang paling sering kamu kerjakan tanpa pernah merasa bosan bahkan rela mengeluarkan uang tanpa pernah memikirkannya.

Itulah passion kamu.

Misalnya kamu suka menyanyi dan tak peduli berapa pun kaset karaoke yang kamu beli maka itulah passion kamu. Kamu bisa memulai dengan membuat blog tentang musik, artis, lagu pokoknya semua membuat kamu senang.

Jadi poin kedua adalah Kenali Passion Kamu

Setelah kamu sudah bisa Fokus terus kenali passion, selanjutnya adalah tentukan pilihan blog yang akan kamu gunakan. Apakah akan membuat blog gratisan atau blog Berbayar.

Saya pribadi menyarankan untuk menggunakan blog berbayar. Dengan menggunakan blog berbayar, maka kamu tidak perlu kuatir untuk di banned oleh penyedia situs gratis.

walau menggunakan situs gratis tidak ada salahnya sama sekali dan juga memiliki peluang untuk sukses tetap saja resiko yang ada jelas tidak sama.

Situs gratisan dapat menghapus blog kamu bila di anggap melanggar aturan dan sayangnya lagi, kamu tidak sempat menyimpan backup dari blog kamu hingga hasil kerjamu selama ini sia-sia.

Berbeda dengan situs berbayar, walaupun resiko suspended tetap ada, namun kamu berhak untuk mendapatkan backup dari situs demikian juga domain dari blog kita sehingga kita tak capek lagi memulai sebuah blog dari awal.

Jika kamu serius ingin sukses dalam dunia blogging maka kamu harus menyiapkan sedikit modal.

Untuk membuat blog berbayar cukup murah, dengan dana 350.000 sudah bisa mendapatkan domain dan hosting, kamu bisa cek dan pesan di Sini (Rekomendasi saya)

Jadi Poin ketiga adalah Siapkan sedikit modal

Dalam perjalanannya, kamu telah membuat sebuah blog yang berisi tentang passion dan skill kamu, biasanya kita akan sering mengunjungi berbagai blog dengan berbagai niche.

Ternyata ada sebuah blog yang banyak pengunjung sedangkan blog kamu masih sepi pengunjung. Melihat niche blog tersebut, kamu menganggap mampu untuk membuat blog yang sama.

Ingat FOKUS, jangan mudah buyar dan dan tergiur dengan kunjungan yang banyak. Jangan sampai kamu membuat blog baru yang sama dengan blog tersebut. Tetaplah fokus pada Blog kamu yang sesuai dengan passion kamu.

Namun saya sadar sebagai manusia biasa yang tidak akan luput dari godaan 😀 bila memang kamu anggap sanggup membuat artikel dengan niche berbeda dengan blog kamu maka sebaiknya posting saja artikel tersebut dalam blog kamu dengan kategori baru.

Yang terpenting adalah Sukses kan dulu satu blog baru melangkah membuat blog baru.

Namun resikonya tetap ada namun lebih kecil dari pada resiko Gagal Fokus yang mana semua blog kamu tidak akan bisa berkembang maksimal.

Bila kamu menambahkan artikel selain niche blog kamu, bisa jadi blog kamu akan jadi blog campur sari, tetapi peluang untuk tumbuh berkembang masih sangat besar.

Namun bila kamu Gagal Fokus, saya jamin, tidak ada satu pun blog kamu yang akan berkembang. Dan Garansi saya, kamu akan gagal.

Poin Keempat bila memang tidak bisa menahan godaan niche baru yang berbeda dengan passion, sebaiknya gabungkan saja dalam blog yang telah ada. Sukses kan dulu satu blog baru melangkah membuat blog baru.

Selanjutnya adalah memilih CMS untuk blog kamu. Ada banyak sekali CMS untuk blog, karena saya tidak menyarankan gratisan, maka blogspot tidak saya masukkan di sini.

Saya memberi 2 opsi yaitu WordPress atau Drupal, namun rekomendasi saya adalah WordPress.

Banyak blog besar di mulai dari sebuah blog wordpress. Awalnya blog di bangun dari flatform wordpress dan ketika sudah sukses barulah mereka mengganti dengan CMS Custom.

Mengapa saya menyarakan WordPress ?

Karena WordPress sangat powerfull sebagai mesin sebuah blog. Ada berbagai perlengkapan wordpress yang gratis, seperti theme wordpress (kamu bisa cari di sini) demikian juga dengan plugin (lihat disni).

WordPress juga sangat mudah di pelajari bagi seorang pemula bahkan tanpa bimbingan seorang mentor khusus. Jutaan artikel di internet, siap mengajari kamu membuat blog wordpress yang sangat bagus.

Jadi poin ke lima adalah gunakan wordpress

Demikian artikel kali ini bagaimana SEHARUSNYA Seorang Blogger Dalam Profesinya. Artikel ini akan terus di edit dan terus memiliki kelanjutan. Terima kasih !

COMMENTS