Cara Memilih Domain Paling Tepat

Cara Memilih Domain Paling Tepat

Domain adalah salah satu bagian terpenting dari sebuah blog. Tanpa domain sama saja kamu tidak punya blog. Dan kali ini saya akan membahas mengenai Cara Memilih Domain Paling Tepat. Jangan asal dalam memilih domain karena itu menentukan masa depan blog kamu.

Pertimbangan dalam memilih domain

Dalam memilih domain tentu butuh pertimbangan yang harus matang agar nantinya tidak tidak menyesal. Apalagi melihat domain blog ini sendiri sama sekali tidak memenuhi kriteria yang akan saya sebutkan di bawah. Jadi ini berdasarkan pengalaman pribadi, jangan sampai kesalahan saya terulang pada anda 🙁 🙁 okey ..?. Berikut ini beberapa pertimbangan yang harus kamu ketahui.

#Pilih Sesuai Keyword

Ketika Memilih domain maka sebaiknya sesuaikan dengan target atau niche blog yang akan di bangun. Misalnya kamu akan membangun sebuah blog tentang Android maka sebaiknya domain yang kamu pilih adalah domain yang mengandung keyword android misalnya HpAndroid atau TechAndroid.

Hal ini sangat penting untuk meng-optimalkan mesin pencari seperti Yahoo, google atau Bing. Istilah pemilihan domain seperti ini biasa juga di kenal dengan istilah Keyword On Domain (KOD).

#Pilih Sesuai Brand

Sedikit berbeda dengan pemilihan sesuai keyword, pemilihan domain dengan menggunakan brand, optimasinya sedikit lebih sulit namun bila sudah di kenal banyak orang maka blog kamu akan punya pengunjung setia.

Untuk pemilihan sesuai Brand ada beberapa hal yang harus di pertimbangkan yaitu :

1. Pilihlah domain dengan kata singkat

Memilih domain dengan brand maka usahakan dibuat singkat dan mudah di ingat. Misalnya kamu punya perusahaan bernama PT Surya Anugrah Pratama bisa kamu singkat menjadi Sapta namun bila brand kamu tidak lebih dari 10 karakter maka bisa langsung memasukkan nama perusahaan contoh indomie.

2. Pilihlah domain yang mudah di ingat dan di eja

Selain singkat, domain yang kamu pilih harus mudah untuk di eja dan di ingat. Banyak situs yang menggunakan domain dengan nama yang awalnya tidak familiar kini menjadi terkenal, contoh lazada, traveloka atau jualo.

Hindari memilih domain yang sulit untuk di eja apalagi dengan bahasa anak alay jaman now misalnya “pwrotsme” walau memiliki makna namun hanya anda sendiri yang tau maknanya.

#Ekstensi Domain Prioritas

Ekstensi adalah akhiran pada sebuah domain, contoh com, net, id, org dll. Dalam memilih domain maka sebaiknya untuk memilih yang paling familiar.

Com adalah paling familiar saat ini maka sebaiknya pilihlah ekstensi com sebagai pilihan pertama. Carilah kata yang sesuai keyword atau brand dengan ekstensi com baru melangkah pada ekstensi lain seperti net kemudian org.

Khusus untuk Indonesia, bisanya pilihan kedua jatuh pada domain lokal ekstensi id.

#Hindari penggunaan angka dan tanda baca penghubung

Biasanya ketika kita mencari domain namun telah di register oleh orang lain kita berusaha untuk mendapatkan domain incaran kita dengan menambahkan tanda baca atau angka.

Contohnya kita ingin register domain hargamobil namun ternyata sudah terdaftar kita akan mengambil harga-mobil dengan harapan bisa mendapatkan keyword on domain.

Padahal memilih domain dengan cara ini akan menyebabkan kita malah rugi. Misalnya saja orang itu mengetik jarang menggunakan tanda baca penghubung sehingga yang di ketik-nya tentu sesuai dengan ejaan umum, biasanya google akan mengarahkan pada domain yang tidak menggunakan tanda baca.

Kerugian kedua, orang juga mengingat misalnya harga mobil, mereka tidak akan melihat domain anda apa punya tanda baca atau tidak, tapi langsung mengetik dan memberi ekstensi pada bagian akhir ketikan-nya dengan .com.  Yang ada bahwa anda secara tidak langsung telah mempromosikan blog orang lain.

Untuk penggunaan angka sedikit lebih baik dari pada penggunaan tanda baca penghubung setidaknya lebih gampang di ingat. Namun tetap saja ada sesuatu yang kurang sreg bila harus menambahkan tanda baca atau angka pada domain maka sebaiknya hindari.

#Pilih Registran Terpercaya

Awal mengenal blog, terus terang saya orangnya gensian, tidak mau menggunakan wordpress sebagai cms 😀 karena menganggap tidak profesional. Saya pun menyewa domain dan hosting pada registran yang tidak kredibel.

Setelah menyewa domain dan hosting, situs yang saya buat dengan CMS custom sering down dan tidak dapat diakses.

Cek per cek ternyata tempat saya menyewa hosting adalah penyedia share hosting yang baru belajar bisnis hosting.

Caranya dia beli hosting yang murah dan bisa add domain tanpa batas lalu menjualnya kembali pada pengguna.

Untuk domain di register atas nama pemilik domain tapi hostingnya di pasang pada share hosting yang ia sewa.

3 bulan saya berlangganan mungkin hostingnya tidak sanggup menampung banyak klien / blog akhirnya suspended. Pemilik kabur dan situs penyedia hosting tidak dapat di akses Sedangkan domain tetap di kirimkan pada register / pemilik namun sayang tidak dapat login karena tidak di sertai informasi login.

Pelajaran ini menjadi sangat berharga bagi saya bahwa memilih domain harus mempertimbangkan tempat di mana kita registrasi. Cari yang benar-benar terpercaya.

Saya pribadi merekomendasikan untuk register domain di idwebhost untuk lokal sebab pengalaman saya, dari 7 tahun lebih pelayanannya sangat baik dan cepat.

Sedangkan untuk luar sebaiknya menggunakan godaddy yang banyak menyediakan promo tiap saat. Namun sekedar info, biasanya promo di godaddy hanya untuk pelanggan pertama dan bisa dibayar dengan paypal, namun bila ingin mendapatkan promo lagi dan anda sudah menjadi member / langganan tidak bisa menggunakan paypal namun harus di bayar pakai kartu kredit.

Demikian informasi mengenai Cara Memilih Domain ala blogger bodoh, semoga bermanfaat dan  terima kasih.

COMMENTS