Cara Memperbaiki Thumbnail Gambar WordPress

Cara Memperbaiki Thumbnail Gambar WordPress

Blogger Bodoh – Membuat pengunjung untuk senang berlama-lama dalam blog kita adalah dengan memberikan tampilan yang ciamik. Salah satu cara untuk membuat orang betah dalam blog kita adalah dengan membuat tampilan yang menarik, dengan susunan thumbnail yang rapi.

Bagaimana cara membuat thumbnail yang menarik ?.

Yang pertama dengan menggunakan media yang sudah ada pada wordpress dengan menampilkan beberapa gambar agar supaya memenuhi frame pada thumbnail dengan ukuran sama untuk semua thumbnail..

Caranya dengan memilih Gambar Unggulan, kemudian memilih media dengan pilihan “Semua Gambar Dalam Posting Ini“, bila kamu menggunakan beberapa gambar. Namun saya tidak menyarankan cara ini karena akan sangat berat.

Cara Memperbaiki Thumbnail Gambar WordPress

Tampilan Media WordPress Via BloggerBodoh.com

Demikian juga untuk menampilkan gambar dalam posting dalam bentuk album  juga bisa di gunakan dengan cara yang sama, namun resiko berat loading akan menghantui blog kamu.

Kebutuhan untuk mengatur ulang gambar thumbnail sangat penting baik untuk blog baru, namun lebih penting bagi blog lama yang barus saja melakukan penggantian Theme WordPress, Karena biasanya, setelah ganti theme WP, tampilan blog akan sedikit hancur utamanya bagian frontpage / homepage karena ukuran thumbnail menjadi berbeda-beda.

Jadi cara paling ampuh Memperbaiki Thumbnail Gambar WordPress adalah dengan menggunakan plugin, dan berikut ini adalah rekomendasi yang saya tawarkan.

Cara Memperbaiki Thumbnail Gambar WordPress !

#Plugin WP Regenerate Thumbnails

Plugin ini adalah termasuk plugin yang sangat baik dalam mengatur gambar di blog WP utamanya bagian thumbnail. Kerusakan thumbnail kebanyakan karena penggantian theme.

Thumbnail yang tidak teratur akan membuat tampilan blog kurang menarik, maka untuk mengatur semua thumbnail agar kembali rapi seperti theme WP yang pertama di gunakan adalah dengan menggunakan plugin Regenerate Thumbnails.

Caranya cukup mudah yaitu dengan meng-install plugin ini melalui wordpress blog kamu dengan masuk pada dasbor, Pilih plugin, tambahkan plugin baru, kemudian cari Regenerate Thumbnails di bagian kolom pencarian yang terletak bagian kanan atas.

Setelah terbuka, silahkan klick tombol “install” dan tunggu beberapa saat hingga tombol install berubah menjadi “aktifkan”.

Tekan tombol aktifkan kemudian silahkan lakukan setting plugin regenerate thumbnails tersebut dengan memilih opsi yang di sediakan sebagaimana yang tampak pada gambar berikut :

Cara Instal Plugin WordPress Regenerate Thumbnails

Cara Instal Plugin WordPress Regenerate Thumbnails via bloggerbodoh.com

Saya sendiri menggunakan setting di atas dengan menekan tombol pilihan bagian atas yaitu “Regenerate Thumbnail For All 8 Attachments” dan mencentan pilihan “Skip regenerating existing correctly sized thumbnails (faster).”

Angka 8 adalah jumlah file gambar yang ada dalam blog kamu !

Dengan begitu, seluruh thumbnail blog saya kembali rapi dan tidak terhambur setelah melakukan penggantian theme dari bawaan standard wordpress saat di install dengan tehme baru yang saya gunakan.

Baca juga : Cara Memilih Domain Paling Tepat

Untuk mendapatkan plugin ini adalah gratis dan dapat di peroleh di situs wordpress.org atau kamu bisa langsung mengunjungi https://id.wordpress.org/plugins/regenerate-thumbnails/

#Force regenerate Thumbnail

Plugin wordpress yang satu ini juga memiliki fungsi yang sama dengan plugin sebelumnya. Baik mulai dari cara install hingga di aktifkan.

Sedangkan yang berbeda hanya pada saat setting plugin saja di mana ada sedikit perbedaan menu setting. Sebagaimana di lihat dalam gambar berikut ini.

Setting Plugin Force Regenerate Thumbnails

Setting Plugin Force Regenerate Thumbnails via theme-id.com

Plugin ini bisa kamu dapatkan di situs wordpress.org dengan cara gratis dengan mengetik “Plugin WordPress Force regenerate Thumbnail” di mesin pencarian google.

Atau juga bisa langsung dengan mengunjungi link berikut : https://wordpress.org/plugins/force-regenerate-thumbnails/

Namun saya sangat menyarankan untuk sebelumnya melihat keterangan apa plugin yang di maksud sudah di uji pada versi wp yang kamu gunakan, karena bila belum di uji maka pertimbangkan untuk menginstall sebuah plugin dari wp karena terkadang ada juga yang tidak kompatibel.

Nah, itulah 2 plugin yang saya rekomendasikan untuk mengatur tampilan thumbnail blog kamu supaya lebih rapi dan lebih cantik, tentunya juga membuat blog kamu lebih ringan.

COMMENTS