Cara Mudah mengetahui Theme WP Blog Orang Lain

Cara Mudah mengetahui Theme WP Blog Orang Lain

Blogger Bodoh – Sebagai blogger, saling bertukar kunjungan menjadi salah satu syarat wajib, selain untuk bersilaturahmi juga untuk meninggalkan link berupa komentar yang biasa di kenal dengan blogwalking.

Namun terkadang, tampilan sebuah blog menarik perhatian kita dan muncul rasa penasaran ingin mengetahui tentang theme yang di gunakan blog tersebut.

Untuk mengobati rasa penasaran kamu terhadap sebuah theme yang digunakan oleh blog atau web, kamu bisa menggunakan beberapa cara atau tools online. Cara ini cukup mudah dan berikut ulasannya.

Cara Mudah mengetahui Theme WP Blog Orang Lain

#Cek Bagian Footer Blog Tersebut

Biasanya, pada bagian footer (Kaki) sebuah blog ada informasi yang menampilkan pembuat theme tersebut, dan itu menandakan bahwa theme yang di gunakan adalah theme gratis.

Walau pun kebanyakan pembuat theme melarang menghapus credit footer, banyak juga blogger yang kurang respect atas hal tersebut. Banyak blogger yang menghapus dengan alasan adanya link out yang memang seharusnya menjadi timbal balik atas penggunaan dari sebuah theme gratis.

Namun ada juga beberapa theme yang sudah di enscript oleh pembuat theme hingga tidak bisa di hapus.

#Tekan Control+U

Untuk melihat theme orang lain kamu bisa menekan Control+U pada keyboard kamu. Maka akan muncul tab baru yang memperlihatkan kode css dari blog yang ingin kamu cari tau tentang theme yang ia pakai.

Setelah tab baru keluar, selanjutnya tekan Control+F untuk menampilkan sebuah kolom pencarian. Selanjutnya tulis pada kolom tersebut theme sehingga kamu menemukan nama dari theme yang di gunakan dan biasanya akan tampak /theme/themedipakai.

Namun jika tidak di temukan, kemungkinan ia menggunakan CMS Custom atau dari blogspot. Untuk theme blogspot, kamu tinggal mencari pembuatnya biasanya di bawah bagian <head>.

Baca juga : Cara Mudah Melihat Pengunjung Blog Lain

Namun beberapa blogger melarang perintah Control+U pada blognya dengan menggunakan code css untuk blogspot dan plugin untuk WP.

#Menggunakan Theme Detector Online

Salah satu cara yang paling populer di gunakan oleh blogger untuk melihat theme orang lain adalah theme detector. Yaitu sebuah aplikasi online yang menampilkan banyak informasi selain theme yang di gunakan juga menampilkan plugin yang di pakai.

Namun, tools ini hanya bisa di gunakan untuk pengguna CMS wordpress saja sedangkan untuk CMS lain seperti drupal, jomla atau OsClass, tools ini tidak akan berfungsi.

Untuk menggunakan tools ini cukup dengan mengunjungi situs whatwpthemeisthat.com kemudian pada kolom seacrh tinggal paste-kan alamat blog yang ingin kamu tau theme yang ia pakai.

Baca juga : Cara Membuat Banner Iklan Dan Memasangnya Pada Blog

Selain itu juga terdapat satu tools online yang bisa kamu gunakan. Namun berbeda dengan situs sebelumnya, tools ini hanya menampilkan theme yang digunakan. Nama situsnya adalah WordPress Theme Detector.

Sebenarnya selain dari cara ini, masih ada berbagai cara yang bisa di gunakan dan bahkan ada ribuan tools yang tersebar di internet dan Cara Mudah mengetahui Theme WP Blog Orang Lain.

Namun sebagaimana pengalaman admin, maka cara inilah yang paling banyak admin pakai bila penasaran dengan tampilan sebuah blog dan ingin mengetahui tentang theme yang mereka gunakan.

COMMENTS