Cara Tepat Memulai Bisnis Internet

Cara Tepat Memulai Bisnis Internet

Ketika anda mengetik cara tepat memulai bisnis internet kemudian menemukan artikel ini maka saya yakin bahwa kamu adalah :

  1. Type orang yang sedang butuh pekerjaan yang mempunyai masa depan yang cerah
  2. Type orang yang sedang tertarik di dunia bisnis online yang semakin marak di tengah masyarakat
  3. Type orang yang penasaran ingin mengetahui tentang bisnis online lebih jauh
  4. Type orang yang gagal dalam menjalankan bisnis internet dan kembali belajar sebagai pemula.

Namun kebanyakan yang membaca ini adalah mereka yang menjadi type ke 4 yaitu orang gagal dalam menjalankan bisnis online dan ingin kembali belajar.

Namun termasuk dalam type apapun anda, itu tidak penting yang jelas saya akan membantu anda untuk membangun kerajaan bisnis online anda.

Namun saya minta anda untuk rehat sejenak dan menghapus memori anda tentang bisnis internet.

Sudah ?? … mari kita mulai

1. Membangun “Mindset” yang benar

Pertama yang harus di lakukan adalah membangun mindset awal tentang bisnis online atau bisnis internet. Karena banyak sekali pemikiran yang kita dapatkan di internet dan termakan oleh bahasa iklan yang menyesatkan.

Beberapa Contoh pemikiran yang menyesatkan adalah :

#Bisnis Internet adalah cara mudah menghasilkan uang dalam waktu singkat

Anda jangan pernah berfikir bahwa bisnis online bisa menghasilkan uang dengan cara instan. Hanya dengan membangun sebuah blog / situs atau memasarkan barang melalui internet bisa langsung dapat duit banyak.

Membangun blog memang hanya butuh 5 menit, tapi mendatangkan pengunjung itu butuh banyak hal, butuh promosi, butuh pembuatan artikel, butuh optimasi dan semua itu butuh waktu dan tenaga ekstra.

Dan jangan kira menjual online itu mudah, tinggal cari barang terus jual via sosial media atau blog, Toko Online, Marketplace dan uang pun mengalir.

Tidak semudah itu semua butuh proses dan tidak dengan cara instan. Jadi rubah mindset tentang cara mudah mendapatkan puluhan juta rupiah hanya dalam hitungan hari atau bulan. Semua butuh proses

#Bisnis Internet adalah bekerja singkat dengan hasil maksimal

Tidak seperti yang anda bayangkan bahwa bisnis online bisa kerja sambil ongkang-ongkang kaki, bekerja seenaknya tanpa perlu waktu yang teratur.

Benar, menjalankan bisnis online tidak mengikat waktu, kalau mau libur ya libur saja, kalau lagi malas ya cari hiburan. Namun tidak serta merta bisa langsung tanpa aturan.

dalam menjalankan bisnis online kita tetap harus mengatur waktu bekerja, apalagi bila kita menjalankan bisnis sejenis toko online dimana pelanggan biasanya tidak kenal waktu, bahkan hari minggu pun minta untuk di layani.

Seperti juga blog yang butuh untuk terus di rawat, dimana artikel harus di update minimal 3 kali seminggu.

Tapi pola pikir ini cocok bagi orang yang punya duit banyak dan ingin terjun ke dunia bisnis internet. Mereka bisa bayar karyawan, bayar webmaster untuk urusan situs, bayar penulis untuk isi artikel, bayar iklan untuk promosi blog, terus bisa santai dan menikmati uang mengalir.

Tapi mengalirnya cuman numpang lewat bahkan untuk pertama harus nombok dulu.

Jadi sebaiknya tinggalkan pola pikir seperti ini.

#Bisnis internet bisa dijalankan dengan tanpa modal

Bisnis tanpa modal di internet memang ada dan itu pun hanya satu. Modal di sini saya tidak masukkan komputer / tablet / hp dan jaringan internet, saya anggap saja kamu penjaga warnet yang bisnis online sambil tetap bekerja.

Namun bisnis jenis ini tidak ada majunya dan hanya segelintir orang yang sukses dari jutaan orang dan yang paling pertama sukses adalah yang punya bisnis tentunya.

Namanya bisnis PTC (Paid To Click), dimana kita akan di bayar dengan melihat iklan tiap hari sebanyak 5 iklan. Dan honor tiap iklan yang di klick sebesar 2.000. Caranya pun tinggal daftar saja yang penting kamu punya alat dan jaringan internet

Jadi dalam sehari hanya bisa dapat 10.000 rupiah, paling juga dalam 7 hari kamu akan bosan dan banyak bisnis jenis ini adalah scam. Karena terus terang saja saya sendiri punya banyak link refferal untuk jenis bisnis ini dan saya tak berniat menjerumuskan kalian dalam bisnis type ini.

Intinya, kalau bisnis harus punya modal, minimal modal untuk membeli domain dan hosting sebagai tanda keseriusan kamu untuk menjalankan bisnis internet.

Jadi tinggalkan semua pola pikir yang sudah usang itu, dan buat mindset baru bahwa :

Bisnis internet itu butuh :

  1. Proses dan kesabaran
  2. Butuh kerja keras dan fokus
  3. Butuh waktu dan tenaga
  4. Bisnis internet butuh modal dan harus korban materi

Jadi bisnis internet atau bisnis online itu tidak ada bedanya dengan bisnis offline.

2. Gali potensi yang kamu miliki “Passion

Setelah otak kalian telah bersih dari bahasa iklan menyesatkan, dan telah membuat mindset baru selanjutnya kita gali potensi yang kita miliki.

#Hobi

Coba lihat apa yang kamu paling senangi untuk kamu lakukan tanpa pernah berfikir berapa biaya yang kamu keluarkan. Bila sudah ketemu, nah .. itulah hobi.

Dengan hobi yang kamu miliki kamu bisa jadikan sebagai modal dalam membangun bisnis internet.

Bila kamu hobi mancing maka kamu cocok buka toko online dan menjual alat pancing, karena setiap kali ada pelanggan yang bertanya maka kamu akan mampu menjawab mereka dan mereka pasti suka dengan pelayanan yang kamu berikan karena memberi solusi atas pertanyaan mereka

Atau kamu bisa membuat tutorial mancing dengan berbagai peralatan pancing yang di butuhkan, spot mancing yang bagus terutama yang pernah kamu kunjungi adalah aset berharga yang sangat bernilai bagi orang lain. Bisa dalam bentuk tulisan atau konten video.

Atau kamu hobi bersepeda maka kamu bisa buka toko online sepeda dan sperpart dan tentunya kamu bisa menjawab setiap pertanyaan pelanggan dan pelanggan pasti suka dan percaya dengan toko online kamu.

atau membuat panduan berupa tulisan dan video tentang sepeda yang mana kamu tentu tidak akan bosan karena itu adalah hobi kamu.

#Skill / Keahlian

Kamu punya skill atau kemampuan pada bidang tertentu bisa jadi adalah salah satu modal besar untuk sukses di dunia bisnis internet.

Saya menempatkan hobi sebagai bagian pertama karena bisa jadi kemampuan kamu tidak sesuai hobi kamu.

Contoh, kamu hobi bersepeda atau mancing tapi di sekolah atau fakultas kamu malah ahli dalam bidang akuntansi, tentu tidak ada hubungannya.

Artinya bila kamu tidak bisa menjelaskan hobi kamu, tentunya kamu bisa menjelaskan tentang keahlian yang kamu miliki.

Kamu hobi bersepeda, tapi kamu hanya tau memakai, kalau rusak di bawah ke bengkel sepeda dan hanya terima beres tentu kamu akan sulit menjelaskan tentang sepeda atau alat-alat sepeda.

Berbeda dengan keahlian yang tentu bisa kamu jelaskan. Proses awal kamu mempelajarinya tentu ada hingga kamu ahli dalam bidang tersebut.

Setelah mengetahui tentang mindset, hobi, terus apa yang harus kita lakukan ??

3. Mulai membangun Bisnis Internet

Setelah memiliki mindset yang bagus dan juga telah memahami passion yang dimiliki maka selanjutnya putuskan untuk membangun bisnis online kita.

Sebagaimana diatas disebutkan ada beberapa hal yang bisa kamu buat untuk “menyulap” hobi dan skill kamu menjadi sebuah bisnis internet yaitu dengan beberapa cara.

#Menjual Jasa

Bila kamu memiliki keahlian coding maka kamu bisa menawarkan jasa pembuatan blog atau website, atau kamu lulusan akuntansi perpajakan kenapa tak membuka jasa bidang perpajakan, namun bila hanya bisa menulis sesuai keahlian maka ada banyak sekali tempat untuk menjual konten berupa tulisan.

Bahkan ada banyak blog yang bersedia membayar setiap tulisan yang kamu buat. Namun untuk type yang satu ini hanya cocok untuk mereka yang punya hobi atau skill yang basic-nya memang menulis.

Sedangkan bila punya hobi khusus tentunya hanya cocok untuk weblog yang sesuai hobi. Misalnya hobi bersepeda mungkin bisa menghubungi toko online yang menjual alat sepeda untuk melengkapi konten toko online mereka berupa tulisan demikian juga untuk hobi lainnya.

#Membuat Blog

Membuat blog sangat mudah, bahkan belajar 5 menit kamu bisa membuat blog yang bisa jadi sumber bisnis online kamu di masa yang akan datang.

Dengan blog kamu bisa menjual produk kamu sesuai hobi dan keahlian, dan bila belum mempunyai produk tentu kamu bisa membuat konten tulisan yang nantinya bila blog kamu ramai kamu bisa memasang jasa pasang iklan atau dengan memasang PPC sejenis Adsense.

#Membuat video

Bila kamu tidak jago menulis, maka kamu bisa membuat konten berupa video. Tidak di butuhkan keahlian khusus untuk satu hal ini, apalagi saat ini, smartphone sudah dibekali dengan berbagai kamera dengan resolusi yang bagus.

Selain itu untuk editing juga sudah banyak sekali aplikasi android yang menawarkan editing video dengan satu kali klick video langsung jadi.

Dan untuk mendapatkan penghasilan bisa dengan cara meng-upload di youtube atau situs sejenis namun tentu lebih baik bila bisa di jual secara langsung dalam bentuk tutorial.

Sebagai Kesimpulan :

Bisnis Internet bukanlah cara mudah untuk menghasilkan uang dengan instan, semua butuh proses dan kesabaran serta modal materi.

Memulai bisnis internet paling baik adalah berawal dari hobi dan keahlian agar kita menjalankan dengan senang hati tanpa tekanan dan cukup mampu menjelaskan bisnis yang kita jalankan karena merupakan keahlian yang kita kuasai.

Membangun bisnis internet baiknya punya sebuah wadah atau media seperti blog dan paling tidak mampu membuat konten untuk di jual dan di konversi sebagai penghasilan.

COMMENTS