Mengenal Bisnis Affiliate dan Keuntungannya

Mengenal Bisnis Affiliate dan Keuntungannya

Blogger Bodoh – Bisnis Affiliate atau afiliasi adalah salah satu bisnis online yang banyak diminati selain dari bisnis PPC (Pay Per Click). Dan Menurut saya bisnis ini lebih menguntungkan ketimbang Adsense. Mengapa saya mengatakan demikian ?

Alasannya karena dari beberapa blog yang saya baca mengenai pendapatan adsense ternyata sangat rendah bila di bandingkan dengan pengunjung blog.

Untuk 1000 pageview hanya di nilai dengan $1 itu pun kadang tidak sampai. Berarti untuk bisa PO dalam sebulan pada program Adsense minimal harus mempunyai blog dengan pageview antara 3000 sampai 4000 Sungguh tragis sekali bila harus mengandalkan Adsense untuk blog.

Banyak blogger yang mengandalkan adsense akhirnya stress karena sudah memaksimalkan kerjanya dalam membangun sebuah blog. Sudah bisa mendatangkan kunjungan ribuan tiap hari ke blog mereka ternyata belum juga sanggup PO tiap bulan.

Walaupun ada hitungan konversi mastah yang katanya minimal 4% dari kunjungan biasanya terjadi klick yang memiliki nilai antara 0.5$ sampai 1$.

Jadi kalau sekitar 3000 kunjungan maka kemungkinan terjadi klick adalah sebanyak 120 klick, namun benarkah hitungan ini ??

Saya yakin anda sebagai orang yang terbiasa dengan Blog Adsense sudah bisa menghitung sendiri.

Saya tak bermaksud menjelekkan adsense namun memberi semangat pada sobat yang tidak bisa PO tiap bulan pada blog kalian, maka tidak ada salahnya untuk mengikuti program affiliate baik lokal maupun luar negeri sebagai tambahan.

Apa itu Bisnis Affiliate ?

Bisnis Affiliate adalah salah satu jenis bisnis online yang dijalankan dengan cara memasarkan produk orang lain dimana bila terjadi penjualan maka akan di berikan komisi dengan perhitungan persentase yang di tetapkan.

Berikut ini adalah beberapa hal yang mungkin bisa kamu pertimbangkan kenapa bisnis affiliate cocok untuk kamu jalankan.

Keuntungan Jadi Affiliate !

#Nilai Penjualan Tinggi

Biasanya beberapa bisnis affiliate itu menghitung penghasilan para member-nya dengan persentase penjualan. Artinya kamu baru akan di bayar kalau terjadi penjualan.

Namun walau di bayar saat ada penjualan setidaknya bila melihat kunjungan blog contoh 3000 kunjungan masa sih tidak ada yang beli satu produk.

Bisnis affiliate membayar dengan harga cukup tinggi untuk tiap penjualan antara 5$ sampai 25$. Bahkan saya pernah menjual satu produk saja itu di bayar dengan nilai 23 Euro.

#Dilengkapi dengan Alat Promosi

Ada banyak bisnis affiliate yang melengkapi member-nya dengan alat-alat promosi seperti banner yang langsung dipasang pada sidebar blog atau tempat dimana kita ingin memasangnya.

Biasanya banner yang di buat cukup menarik dan sangat mengundang klick, sehingga sebagai affiliater tentu sangat terbantu dan tidak repot-repot lagi membuat banner promosi.

Bahkan ada juga bisnis affiliate yang menyediakan halaman squeezepage yang menjelaskan detail produk mereka hingga tugas kita semakin ringan sebagai seorang pemasar atau affiliater.

#Tidak perlu Pusing Dengan Produk dan Transaksi

Bisnis affiliate biasanya memiliki banyak produk dan kita hanya tinggal memasarkan tanpa perlu pusing mengurusi produk yang kita jual. Karena akan di urus oleh pemilik bisnis affiliate tersebut.

Demikian juga untuk transaksi, kita tidak akan lagi di hubungi oleh calon buyer karena transaksi terjadi antara pemilik produk dan pembeli.

Namun penting untuk di pertimbangkan memilih bisnis affiliate sebaiknya hindari yang memiliki produk terlalu banyak jenisnya juga jenis produknya sedikit.

Yang saya maksudkan lumayan banyak jenis misalnya Situs Affiliate tersebut menjual theme wordpress, Plugin namun juga menjual ebook resep, dll. Namun ini saya kecualikan untuk Amazon dan clickbank.

#Aturan bisnis Yang tidak terlalu ketat

Bisnis affiliate biasanya menetapkan aturan yang tidak terlalu ketat. Namun demikian kita tetap hati-hati dalam memasarkan produk. Tetapi karena kita mengandalkan blog maka tentu saja kemungkinan kita untuk melakukan kesalahan adalah sangat kecil.

Beberapa aturan yang biasa di terapkan oleh situs bisnis affiliate adalah

  1. Jangan menyebar link dengan cara spam atau asal
  2. Jangan menyebar link dengan email massal
  3. Jangan menyebar link pada situs/forum yang tidak sesuai dengan produk
  4. Jangan membuat artikel yang terlalu mempromosikan produk jauh dari fakta sebenarnya

Untuk itu walau tidak adanya aturan ketat namun tetap kehati-hatian di butuhkan dalam menjalankan bisnis affiliate dan itu berlaku untuk semua jenis bisnis online terutama dalam menjalan Adsense.

#Punya Bahan Posting

Kebanyakan dari penyakit blogger adalah terkadang kehilangan ide dalam menulis dan akhirnya membuat blognya gagal update. Dengan mengikuti bisnis affiliate maka kita bisa mendapat ide baru dalam membuat postingan sambil mempromosikan produk affiliate kita. Istilah katanya sambil nyelam minum air atau sekali mendayung seribu pulau terlampaui 😀

Baca juga : Cara Tepat Memulai Bisnis Internet

Itulah beberapa keuntungan dari Bisnis Affliate, namun selain keuntungan tentu ada kekurangan dari menjalankan sebuah bisnis khususnya bisnis affiliate sebagai berikut :

Kekurangan Menjalankan bisnis Affiliate !

#Baru mendapatkan Penghasilan Bila Terjadi Penjualan

Berbeda dengan adsense yang walau tanpa penjualan kamu tetap memperoleh penghasilan, bisnis affiliate baru menghasilkan ketika terjadi penjualan.

Sehingga berapa pun pengunjung yang berhasil kamu datangkan ke situs affiliate selama tidak terjadi pembelian produk maka tentu saja tidak akan memperoleh penghasilan.

#Banyak Link Out

Link Out atau link keluar tentu akan semakin banyak dari blog yang kita kelola. Pendapat pakar SEO, link out mempegaruhi blog kita di rangking search engine. Tentu saja ini akan berpengaruh pada kunjungan.

Namun hemat saya bila link tersebut relevan maka bukannya akan mempengaruhi buruk pada blog kita namun akan meningkatkan kredibilitas blog kita karena bisa memberikan reverensi yang benar.

Link out juga mempengaruhi blog kita dimana akan di tinggalkan dan berpindah ke situs lain (situs affiliate) ketika pengunjung meng-klick link affiliasi.

Makanya penting untuk kita saat memasang link affiliate dengan mencentang opsi “buka link pada tab baru” sehingga pengunjung mungkin berpindah ke situs affiliate namun blog kita masih terbuka dan kemungkinan untuk terus di baca masih ada.

Demikian artikel Mengenal Bisnis Affiliate dan Keuntungannya semoga bermanfaat, Sekian dan terima kasih.

Blogger Bodoh – Terus berkarya dan berbagi !

COMMENTS