Penyebab Seorang Blogger Gagal Fokus Akhirnya Batal Sukses

Penyebab Seorang Blogger Gagal Fokus Akhirnya Batal Sukses

Blogger Bodoh – Mungkin kamu adalah seorang yang telah lama menjalani rutinitas sebagai blogger namun belum bisa meraih kesuksesan terutama soal financial. Saya yakin penyebab utamanya adalah Gagal Fokus.

Ya, kebanyakan blogger tetap berada pada kondisi sebagaimana awal dia ngeblog (terus jadi pemula) kebanyakan di sebabkan oleh gagal fokus dalam mengelola blog yang iya miliki.

Lalu apa penyebab Hingga Gagal Fokus ??

Ada beberapa hal yang biasanya menyebabkan seorang blogger gagal fokus dalam mengelola blog yang di milikinya antara lain:

1. Dibanned Oleh Penyedia Iklan

Mindset menghasilkan uang dengan mengandalkan pemasangan iklan network seperti google Adsense biasanya jadi salah satu penyebab seseorang gagal fokus.

Maksudnya begini,

Seorang blogger awalnya dia ngeblog memang untuk membuat sebuah blog Adsense. Kemudian ia di banned oleh adsense, membuatnya patah semangat dan terpaksa membuat blog dengan domain baru.

Padahal, adsense bukan segalanya, blog kamu masih bisa menghasilkan dari tempat lain, atau bahkan bisa membuat produk sendiri dan menyediakan slot iklan mandiri.

Terlalu banyak peluang yang kamu buang hanya karena satu jenis pengiklan semata. Jangan patah arang, yakinlah pada blog kamu.

2. suka meniru blog orang lain

Nah, ini juga paling sering membuat seorang blogger gagal fokus. Melihat sebuah blog dengan tampilan ciamik terkadang membuat sebagian blogger tergiur untuk menirunya.

Terkadang sebuah blog populer membuat seorang blogger tertarik untuk membuat blog atau situs yang sama.

Contohnya waktu lintasberita dan infogue booming, banyak yang membuat situs sejenis dan berharap bisa sukses seperti Digg.

Mempelajari sebuah situs dan membuat situs yang sama memang tidaklah sulit. Jutaan artikel bertebaran tentang cara membuat berbagai macam situs.

Tapi itu butuh waktu, minimal butuh sekitar 2 minggu sampai 1 bulan mempelajarinya baru bisa membuat situs yang sama. Belum lagi biaya untuk hosting dan domain.

Selama satu bulan kamu hanya belajar membuat situs tersebut dan pada akhirnya blog kamu pun terlupakan selama 1 bulan. Tidak ada update membuat blog kamu kehilangan pembaca.

Ketika kamu mencoba update blog lama kamu, situs baru kamu pun terbengkalai, sulit mengatur waktu dan semakin pusing dengan uipdate yang bertambah. Belum optimasi, promosi dll yang menyita banyak waktu dan pikiran.

Maka sebaiknya tidak usah tergiur dengan sebuah situs yang populer. Sebagai seorang blogger lebih baik menginformasikan situs tersebut dalam sebuah artikel di blog kamu. Siapa tau jika ada yang mencari situs tersebut, blog kamu bisa nyangkut di mesin pencari dan dapat kunjungan tambahan.

3. Tergiur dengan pengunjung blog lain

Melihat blog orang lain yang memiliki kunjungan banyak bisa membuat kamu tergiur dalam gagal fokus. kok bisa ?

Mungkin kamu pernah membaca tentang hipwee atau kisah orang-orang yang sukses membangun sebuah blog. Kamu pun mencari tau tentang blog-blog tersebut dan melihat pengunjung blog mereka melimpah membuat kamu tergiur.

Hampir mirip dengan nomor 2 di atas tentang suka meniru blog orang lain. Karena kamu merasa mampu untuk membuat blog yang sama, kamu pun tergiur untuk membuat dan pada akhirnya, kamu pun gagal fokus dalam mengembangkan blog kamu.

Sebaiknya tidak perlu tergiur dengan kunjungan pada blog tersebut. Yang penting untuk di lihat hanyalah bagaimana blog tersebut membuat artikel, dari mana sumber kunjungannya, dan bagaimana struktur blognya. Harusnya itu yang jadi fokus.

Bukannya meniru blog tersebut. Misalnya karena blog tersebut adalah blog berita, kamu pun membuat sebuah blog portal berita.

Padahal kamu bisa membuat kategori news dalam blog kamu kalau kamu memang tertarik untuk membuat berita.

Tidak perlu memikirkan apa blog kamu bisa masuk google news atau tidak, karena saya pernah membaca bahwa blogger di Brazil itu protes karena blog mereka di masukkan dalam blog berita.

Intinya, kamu membuat sebuah blog untuk sukses maka peliharalah blog kamu.

Tapi bagaimana bila blog menjadi blog gado-gado ?

Tidak penting blog jadi blog campur sari atau blog gado-gado, ini demi memuaskan hasrat kamu yang tergiur atas trafik sebuah blog berita maka masukkan saja dalam blog kamu. Dari pada kamu tidak berkembang dan akhirnya banyak pekerjaan update blog tapi tak satu pun yang sukses ??

Silahkan pikirkan.

4. Terlalu keseringan membaca tutorial

Sering membaca memang baik, namun keseringan itu membuat kamu gagal fokus. Sebaiknya hindari kebiasaan terlalu sering membaca tutorial.

Banyak blogger yang terjebak pada kebanyakan membaca tutorial namun minim praktek. Atau bahkan ada juga yang keseringan membaca dan akhirnya over praktek.

Membaca tutorial tentang blog memang baik, namun paling sekali atau dua kali sebulan sudah cukup. Setidaknya untuk menambah pengetahuan tentang blogging.

Jangan terlalu keseringan, apalagi membaca artikel tentang SEO yang sama sekali tidak memiliki aturan paten.

Tiap orang memiliki teknik SEO dalam mengelola blognya, dan kamu pun harus punya teknik tersendiri. Jangan meniru teknik orang lain karena terkadang kamu akan menemukan teknik SEO yang saling bertentangan antara satu dengan yang lain.

Buatlah teknik SEO kamu sendiri dan terapkan. Jangan terlalu keseringan membaca tutorial yang hanya menyita waktu kamu.

5. Larut dalam sosial media

Dalam dunia maya, ada banyak godaan, salah satunya adalah Sosial media seperti facebook, twitter dll.

Sebagai blogger, Sosial media memang penting, tapi bukan untuk di jadikan sebagai pengguna aktif sosial media, namun sebagai media promosi semata.

Sosial media memang sangat ampuh dalam menjaring pengunjung, namun jangan sampai larut didalamnya menjadi pengguna aktif.

Cukup kamu jadi pengguna pasif di mana kamu menggunakan sosial media hanya untuk promosi atau mengetahui kabar dari teman-teman kamu.

Tidak usah komentar pada status teman kamu, cukup beri like lalu kabur. Kecuali bila yang di komentar adalah status kamu yang memuat link blog kamu, maka interaksi sebaiknya di bangun.

Selain sosial media, game juga terkadang membuat kamu gagal fokus. Dalam sosial media juga terdapat banyak game yang membuat kamu bisa gagal fokus.

Sebaiknya hindari bermain game walau kamu dalam keadaan kurang ide.

Bila kamu kehabisan ide menulis, ada baiknya kamu melakukan kegiatan lain dari pada main game. Kamu bisa mengedit artikel blog kamu yang di anggap kurang, atau mempromosikan blog kamu.

Kesimpulan, Gagal Fokus adalah faktor utama gagalnya seorang blogger newbie tetap menjadi newbie.

Membangun sebuah blog butuh kesabaran dan kerja keras. Bukan sekedar membuat blog, tulis artikel, publish dan uang mengalir. Bukan meniru blog orang lain karena memiliki pengunjung banyak atau berpromosi di sosial media tapi lebih banyak buka laman fb dari pada blog sendiri.

Bila ingin sukses dalam blogging maka sukseskan dulu satu blog, bangun hingga banyak pengujung, isi dengan artikel unik sesuai passion kamu, namun bila harus menjadi blog gado-gado karena kehabisan ide menulis maka sebaiknya buat saja categori baru di blog kamu. Sekian, terima kasih !

COMMENTS