Sekilas Tentang Social Bookmark Drigg/Drupal

Sekilas Tentang Social Bookmark Drigg/Drupal

Blogger Bodoh – Social Bookmark merupakan sebuah situs atau website tempat menyimpan link URL. Awalnya social Bookmark di buat untuk mereka yang suka membaca situs online.

Beberapa contoh situs sosial bookmarking adalah Digg, lintasme / lintas berita, namun sudah tidak lagi berbentuk sosial bookmark sekarang. Tapi situs sejenis ini masih sangat banyak bertebaran bahkan ada yang berbayar untuk menjadi member di situs tersebut.

Sebagian orang setelah membaca situs atau blog lupa pada alamat situs tersebut padahal masih banyak yang mereka ingin baca di blog tersebut. Disinilah fungsi situs social bookmark yaitu menyimpan link sebuah blog.

Pada perkembangannya, ternyata situs social bookmark berkembang dan memiliki banyak user yang menyimpan URL Bacaan mereka. Sehingga situs social bookmak lebih tampak sebagai perpustakaan blog. Banyak user yang membaca URL yang di submit user lain. Hal ini membuat pemilik blog, yang di submit URL-nya mendapatkan visitor baru.

Dari hal itu, kini berkembang yang menjadi user di sebuah situs social bookmark, bukan hanya mereka yang suka baca, tetapi mereka yang memiliki blog atau situs. Harapannya agar blog mereka juga di baca oleh user-user social bookmak tersebut.

Kembali ke topik !

Sebagian besar orang kini melirik untuk membuat sebuah situs social bookmark. Namun rupanya situs sejenis ini cukup sulit bagi mereka yang awam termasuk saya untuk membuat sebuah situs social bookmark. Tetapi ada beberapa script yang bisa di gunakan dalam membuat social bookmark. Seperti dari script Pligg, buatan Drigg/drupal dan Hotaru. Dan semuanya adalah content management system.

Dalam blog ini kita akan membahas tentang acara membuat Social Bookmark Drigg atau Drupal. Drigg adalah salah satu module milik drupal, kalau dalam wordpress module sama dengan plugin.

tidak semua versi Drupal memiliki atau compatible dengan versi Drigg. Setau saya hanya Drupal Versi 5.x dan Drupal Versi 6.x.

Blog ini akan mengupas tuntas tentang cara membuat Social Bookmark dari Drigg/Drupal. Silahkan simak dan baca secara seksama, karena kemungkinan error yang sangat besar ketika anda tidak melakukan langkahnya secara benar step by step.

  1. Membuat SosBok Drigg Langkah Persiapan
  2. Instalasi Drupal Pada Hosting Drigg Step 2
  3. Upload Module Ke Hosting Dan Install Step 3
  4. Konfigurasi Modul Drupal Drigg Step 4

COMMENTS